#Humanity Day 6

 

MRI News- Bencana bisa datang kapan saja, dimana saja, tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Potensi dan kerentanan yang menimbulkan bahaya dan mengancam jiwa dan merugikan manusia , baik dari alam maupun karena kelalain manusia itu sendiri . Aksi Cepat Tanggap melalui Masyarakat Relawan Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk meng-edukasi masyarakat tentang mitigasi bencana. 

Edukasi tentang  mitigasi bencana diberikan kepada banyak lapisan masyarakat. Mulai dari usia anak anak hingga usia dewasa. Kegiatan mitigasi merupakan satu langkah penting dalam penanganan kebencanaan di Indonesia. Sebagai negara dengan predikat Disaster Hypermarket . Indonesia harus memiliki kurikulum kebencanaan yang mulai diajarkan kepada siswa sejak awal baik ditingkat Taman Kanak kanak.

Kepedulian terhadap mitigasi bencana akan mengurangi  angka kerugian akibat bencana. Baik dari sisi jiwa dan sisi material. Tanggung jawab mitigasi bencana menjadi tanggumg jawab bersama, pemerintah, swasta, lembaga kemanusian, lembaga sosial, pengusaha, lembaga pendidikan dan stake holder lainnya.

Seperti yang dilakukan tim DERM MRI ACT Jawa tengah pada Ahad (25/11) yang memberikan materi mitigasi bencana kepada askar masjid jami Mijen, di Jatisari Semarang. Tiga relawan DERM MRI ACT , Irfan, Ihsan dan Irsyad beraksi untuk kegiatan dengan label Humanity Day, bagaimana kegiatanya, simak tulisan asal  relawan Jawa Tengah .

Kegiatan “Humanity Day” dibuka dengan apel pagi bersama anggota Askar Masjid Jami dan Kapolsek Mijen beserta jajarannya. Kegiatan ini berlangsung  efektif dengan pemberian materi mitigasi bencana dan home safety training  (HST) tentang penanganan kebakaran di dalam ruangan.  Kemudian dilanjut dengan praktik mitigasi gempa dan penanganan kebakaran di lapangan.  Peserta “Humanity Day” sangat antusias dan bersemangat saat kegiatan berlangsung.

“Pertama kalinya saya mengisi kegiatan “Humanity Day” yang pesertanya bapak-bapak, saya melihat antusiasme yang sangat tinggi. Meski sudah berusia lanjut,  tetapi semangat dalam berbuat baik dan menolong sesama tidak luntur termakan usia”.  Jelas Irfan salah satu pemateri yang hadir di kegiatan tersebut.

Relawan DERM MRI ACT sedang memberikan materi 

Pembekalan dan pelatihan kebencanaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga waktu dzhuhur,  dirasa sangat bermanfaat dan memberi bekal bagi anggota Askar Masjid Jami untuk turut berpartisipasi dalam penanganan kebencanaan. “Materi yang disampaikan oleh Tim DERM mudah kami terima, praktik yang dilaksanakan juga tidak begitu sulit,  sehingga bisa memberikan kesiapan mental dan fisik untuk menghadapi bencana yang terjadi,  khususnya di daerah Jatisari,  Mijen”,  terang Pak Siswanto selaku ketua Takmir Masjid Jami.

Tidak hanya beliau,  salah satu peserta,   yang juga seorang Guru Agama di SMP N 7 Semarang menyatakan bahwa kegiatan “Humanity Day” semacam ini sangat bagus,  bermanfaat,  dan bisa langsung praktik.  Semoga kegiatan “Humanity Day” bisa terus dilaksanakan di lingkungan masyarakat untuk memberikan kesiapan bagi masyarakat jika sewaktu-waktu bencana datang menghampiri kita.

Pak Siswanto yang berkali-kali mengucapkan terimakasih kepada Tim DERM MRI-ACT Jawa Tengah,  juga menyampaikan keinginannya untuk terus bekerja sama dengan MRI-ACT.  Tidak hanya bekerja sama dalam penggalangan dana korban bencana tetapi juga dalam hal penanganan dan penanggulangan bencana yang terjadi di tanah air kita..

Salam kemanusiaan
Mari bersiap hadapi kebencanaan

Tulisan dari MRI ACT Jateng via Instagram, tulisan sudah diedit dengan penambahan/pengurangan seperlunya tanpa mengubah isi tulisan.